Menu Close

Mendesain Bisnis Melalui Business Model Canvas

bisnis model canvas

Untuk mempermudah, struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada kolom key activities, key resources, dan channel. Jika channel lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu produk Anda, maka customer relationship adalah kebalikannya. Kamu harus tahu bagaimana cara bisnis Anda bisa terus keep in touch dengan para pelanggan. Bentuknya pun bisa sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales, dan sejenisnya. Keunggulan biaya yang dinikmati bisnis terkait dengan lingkup operasional yang lebih besar, misalnya aktivitas pemasaran atau saluran distribusi yang sama dapat mendukung beberapa produk sekaligus. blok bangunan kemitraan utama menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja. Aktivitas-aktivitas ini terkait dengan penawaran solusi baru untuk masalah-masalah pelanggan individu.

Bisnis Model Canvas merupakan entitas yang digunakan oleh organisasi bisnis. Tentu saja untuk bisa membuat value proposition sampai pada konsumen, perlu adanya channels. Beberapa orang menggunakan framework AIDA atau attention, interest, desire, serta action untuk tahap awalnya serta cara pengiriman barang pada konsumen. Segmentasi konsumen bisa beragam, bahkan sebuah produk bisa saja menyasar lebih dari satu segmen. Beberapa jenis segmentasi dalam startup digital seperti B2C, B2B, C2C, B2G — atau gabungan dari beberapa segmentasi seperti B2B2C dan B2B2G.

UVP akan memberikan penegasan jika produk yang dibuat berbeda dengan kompetitor dan hal inilah yang akan menarik perhatian calon pelanggan. UVP mencerminkan tentang siapa Anda, bagaimana Anda akan memuaskan pelanggan.

Revenue Streams menjelaskan tentang bagaimana perusahaan akan mendapatkan pemasukan dari setiap segmen pasar yang sudah ditetapkan. Seberapa banyak saluran pendapatan yang bisa dimanfaatkan dan bagaimana mekanisme pendapatan tersebut tercipta. Co-Creation – Menciptakan sebuah value proposition yang baru melalui masukan dari para pelanggan dengan mempertimbangkan beberapa hal terkait kebijakan perusahaan. Personal Assistance – Sebuah hubungan yang terbentuk dengan pelanggan yang bersifat personal seperti melalui customer service yang akan membantu memberikan informasi atau pengetahuan produk secara umum. Unique Value Proposition harus dirumuskan dengan matang dan seksama agar nantinya bisa bersaing dengan kompetitor saat produk mulai dipasarkan. Jika perlu gunakan intuisi untuk menghasilkan UVP yang memungkinkan menciptakan zona Blue Ocean yang tidak akan mudah untuk diramaikan oleh kompetisi.

Perusahaan bisa menawarkan produk-produknya, sementara pelanggan bisa memberikan masukan atau pertanyaan. Menggambarkan sumber pendapatan yang akan diperoleh dari masing-masing segmen pelanggan. Cukup banyak perusahaan yang gagal menjalankan bisnis dalam 3 tahun pertama karena gagal memahami bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Terlihat sederhana, namun sebenarnya cukup kompleks jika ditelaah lebih dalam. Kompleks bukan berarti rumit, namun terkait dengan cukup banyaknya parameter yang diperlukan untuk memastikan bisnis bisa bertahan dan berkembang dalam perspektif keuangan. Sales – Serangkaian aktivitas yang penting untuk mendatangkan pendapatan.

Untuk itu mempertahankan pelanggan adalah salah satu strategi yang tepat untuk membesarkan bisnis. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan terlibat interaksi atau berkomunikasi dengan para pelanggan. Jadi, proposisi nilai menciptakan nilai untuk segmen pelanggan melalui paduan elemen-elemen berbeda yang melayani kebutuhan tersebut. Untuk lebih mudahnya kita sebut dengan istilah “Market Ideal”, yaitu; Orang yang mau membeli produk atau jasa yang kita jual sesuai dengan syarat dan ketentuan yang kita berikan. Media sosial atas merek yang kita tawarkan bisa menjadi jembatan antara perusahaan dan konsumen.

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup terkait dengan produk atau layanan. Selain itu juga cakap dalam menangani permasalahan atau kendala yang dialami oleh pelanggan saat menggunakan produk atau layanan. Fixed Pricing – Secara umum kebijakan harga yang dibuat adalah dengan memberlakukan harga jual yang tetap dan seragam.

Bagian penting dalam model canvas dapat mempercepat proses meeting dan juga membuat diskusi ketika meeting menjadi lebih terstruktur agar tidak melenceng ke permasalahan lain. Pada bagian terakhir ini, kita harus menentukan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis.

Kegiatan-kegiatan konsultan, rumah sakit, dan organisasi jasa lain biasanya didominasi aktivitas pemecahan masalah. Model bisnis organisasi ini membutuhkan aktivitas-aktivitas seperti manajemen pengetahuan dan pelatihan berkelanjutan. Sumber daya intelektual seperti merek, pengetahuan yang dilindungi, paten dan hak cipta, kemitraan, dan database pelanggan merupakan komponen-komponen yang semakin penting dalam model bisnis yang kuat. Sumber daya intelektual sulit dikembangkan, tetapi jika berhasil, akan memberikan nilai yang sangat berarti. Perlu diketahui bahwa biaya mendapatkan pelanggan jauh lebih besar daripada mempertahankan pelanggan.

bisnis model canvas

UVP bukan sekedar tentang fitur ataupun spesifikasi saja, namun merupakan sebuah hasil dari kreatifitas yang memadukan semua elemen penyusun bisnis. Dengan mengetahui segmentasi pasar, maka pelanggan akan lebih mudah diidentifikasikan. Penentuan segmentasi pasar yang tepat sebuah produk atau layanan maka akan memperbesar peluang untuk diterima. Sebuah organisasi bisnis membutuhkan banyak expert pada bidang masing-masing untuk bisa dijalankan bersama. Contohnya dalam bisnis serious game, key activities-nya adalah membuat buku. Contoh dari key activities dari serious game adalah game design & development. Output dari langkah ini adalah daftar aktivitas kunci untuk menghasilkan value proposition.