Menu Close

Pengertian Influencer

apa itu influencer

Untuk mengetahuinya Anda bisa langsung mengirim pesan kepada influencer, Anda bisa menggunakan direct message atau pun menggunakan kontak email/WA yang disediakan pada profil mereka. Kirim surat resmi jika perlu serta detil marketing yang ingin Anda lakukan. Bila Anda benar-benar ingin menjadi seorang influencer, jangan lupa untuk mengunggah konten-konten positif bagi masyarakat.

Apapun jenis influencernya, mikro ataupun makro, bekerja sama dengan yang punya reputasi baik tentu lebih nyaman. Target pasar berguna untuk mengetahui kelompok konsumen Anda sehingga bisa menerapkan langkah promosi yang tepat sasaran. Tidak sedikit blog yang digunakan untuk melakukan review tentang suatu produk, seperti blog Sasyachi yang mengulas beragam produk kecantikan. Persentase pembelian produk dari rekomendasi influencer premium mungkin tidak sebesar influencer lain, namun tetap saja menjanjikan. Dengan maraknya influencer yang terjun ke pasar modal Indonesia, menurutnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah sebab kebebasan berpendapat diperbolehkan untuk warga negara. Gunakan tools lainnya untuk mencari topik yang sedang tren dan tagar untuk brand atau merek Anda.

apa itu influencer

Negosiasi yang baik dapat mengembangkan sebuah bisnis dan membangun relasi yang sehat. Setelah kedua hal di atas telah dijalankan, maka kamu hanya perlu konsisten dalam mengunggah konten.

Untuk menjaga konsistensi, jadwalkan waktu mengunggah konten ke sosial media. Tentukan sosial media yang akan kamu gunakan untuk membagikan konten. Untuk diawal, disarankan untuk engga lebih dari dua channel karena kamu akan kesulitan mengimbanginya kalau terlalu banyak. Jadi kamu bisa pilih niche seperti gaming, otomotif, pendidikan, dan lainnya. Menentukan niche akan memudahkan kamu untuk membuat konten dan audiens akan mudah mengenal kamu.

Terakhir atau poin kelima dalam menentukan influencer adalah dengan memprediksi tingkat engagement. Engagement penting untuk kamu perhatikan untuk melihat berhasil atau tidaknya produk yang ditawarkan menggunakan influencer tersebut. Namun, untuk memilih mana yang terbaik tentu kamu memerlukan sebuah seleksi yang tidak sederhana. Setidaknya lima kriteria utama dalam menentukan seorang influencer adalah sebagai berikut. Sedangkan, jika berbicara tentang tingkat pengaruhnya, terdapat tiga jenis influencer, yakni Selebritas, Reputation/Chromo Influencer, serta Key Opinion Leader seperti jurnalis, akademisi, dan expertise. Berdasarkan konten yang diproduksinya, influencer dikelompokkan sebagai Bloggers, Youtubers, Social Posts Only, dan yang belakangan ini semakin populer yakni Podcasters. Penting untuk dicatat bahwa para influencer bukan hanya dapat dijadikan sebagai alat pemasaran semata.

Lebih dari itu, mereka juga merupakan aset social relationship yang dapat diajak berkolaborasi untuk mencapai tujuan tertentu. Suara. com – Walaupun istilah influencer sudah tidak asing lagi kita dengar, namun pengertian influencer masih menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, terdapat berbagai pengertian yang dapat mendeskripsikan apa itu influencer. Berikut pengertian influencer lengkap dengan jenis-jenis influencer. Bahkan, sebagian besar influencer mikro cenderung menggunakan produk sebelum merekomendasikannya. Intinya, setiap aktivitas dari influencer selalu menjadi pusat perhatian followernya. Jika Anda hanya melihat jumlah follower saja, namun sang public figure kerap bermasalah dengan hukum, misalnya, tentu akan berpengaruh pada produk Anda.

Cari di Twitter menggunakan hashtag atau tagar untuk menemukan mikro influencer seperti #microinfluencer atau #influencer dan lain sejenisnya. Gunakan tools seperti Buzzsumo dan lain sebagainya untuk menemukan konten yang sedang tren dan penulis yang menulisnya. Sifat influencer juga semakin berubah, influencer mikro sekarang ini menjadi lebih umum, dan mereka manjadi lebih terkenal. Beberapa dari mereka telah meningkat dari ketidakjelasan virtual menjadi hampir sama terkenalnya dengan selebriti tradisional. Hal ini khususnya terjadi pada generasi Z yang menghabiskan lebih banyak waktu di internet daripada menonton televisi atau pergi keluar untuk olahraga. Variasi untuk membuat blogger dan content creator menulis sesuatu yang merekomendasikan produk Anda adalah dengan berpartisipasi dalam guest post atau postingan tamu.

Dengan jumlah pengikut yang banyak, mereka seolah memiliki fanbase-nya sendiri. Bidang teknologi, misalnya, akan memiliki banyak pengikut yang menggemari hal-hal berbau tren teknologi terbaru. Whello memiliki specialist di bidangnya masing-masing yang siap membantu bisnis kamu berkembang. Makro influencer memiliki jangkauan yang tidak terlalu luas, biasanya hanya untuk beberapa daerah saja. Negosiasi adalah hal yang perlu dimiliki oleh siapapun termasuk seorang influencer.

Berikan suguhan yang membangun dan mengedukasi netizen atau masyarakat. Jadi Anda bukan hanya bisakaya raya dari medsos, tapi juga berkontribusi positif bagi masyarakat.