Menu Close

Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Design Canvas Di Indonesia

business model canvas

Semua akan mengerucut jadi sebuah produk yang dapat berupa barang atau service. Penjualan menandakan terjadinya suatu transaksi yang dibutuhkan dengan perusahaan untuk hidup. Pemasaran yang baik dilahirkan dri proses perencanaan yang mantap dan hal itu dimulai dengan memetakan sumber-sumber yg berpotensi mendatangkan pendapatan.

business model canvas

Dengan kesembilan hus ini, sebenarnya kita telah bisa memvalidasi apakah 1 ide bisnis itu potensial atau tidak. Revenue Channels menjadi elemen berikutnya yg perlu dipikirkan, yakni teknik solusi yang dihasilkan meraih menghasilkan pemasukan bagi new venture.

Distinctive Value Proposition harus dirumuskan dengan matang dan akurat agar nantinya bisa bersaing dengan kompetitor saat produk mulai dipasarkan. Jika patut gunakan intuisi untuk meraih UVP yang memungkinkan menciptakan zona Blue Ocean yg tidak akan mudah tuk diramaikan oleh kompetisi.

UVP akan memberikan penegasan andai produk yang dibuat bertentangan dengan kompetitor dan sesuatu inilah yang akan memikat perhatian calon pelanggan. UVP mencerminkan tentang siapa Kamu, bagaimana Anda akan menggembirakan pelanggan. UVP bukan hanya tentang fitur ataupun spesifikasi saja, namun merupakan suatu hasil dari kreatifitas yg memadukan semua elemen penyusun bisnis. Contohnya seperti focus on pemasaran, sumber pendapatan, supplier, dan lain. Salah 1 cara untuk merangkum sesuatu tersebut yaitu melalui Company Model Canvas. Business structure Canvasini terdiri dari 9 fundamento utama yang merangkum cara bisnis mulai dari valueperusahaan, segmen pelanggan, hingga sistem finansial.

Tapi juga populer pada kalangan entrepreneur serta pada kalangan intrapreneur dalam memetakan, menganalisis, validasi, serta proses inovasi pada model marketing yang telah ada. Tetapi, untuk 3 sampai oleh 5 tahun kedepan dapat jadi bisnis kita jadi gagal dan menghilang sama sekali tanpa jejak, sebab sudah digantikan oleh pencipta usaha yg baru. Disebut juga oleh key activities, elemen kegiatan bisnis mencakup seluruh kegiatan atau kegiatan yang berhubungan dengan produktivitas bisnis, terlebih yang berhubungan dengan produk. Sebagai pemilik bisnis, sudah tentu Anda ingin bisnis ini mendatangkan pendapatan dari pelanggan, bukan? Pada elemen sumber pendapatan inilah Anda meraih melakukan analisis dan pengelolaan demi memaksimalkan pendapatan marketing.

Kegiatan utama Anda ialah hal terpenting yang diharuskan dilakukan bisnis Anda agar model bisnis Anda berjaya. Key activities sangat berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang diterapkan oleh perusahaan dalam meraih value propositions, dan awd perusahaan memiliki kegiatan kunci yang berbeda-beda. Jadi sesudah ide kreatif dan inovatif ditemukan, hal yang patut dilakukan kemudian adalah membikin businss model dari gagasan tersebut, untuk kemudian divalidasi apakah business structure tersebut dapat menghasilkan keuntungan. Jika company modelnya valid, maka dilanjutkan dengan membuat rencana marketing, seperti merumuskan strategi marketing, proyeksi keuangan, analisa SDM, dan sebagainya. Tentukan suatu model pendapatan yang pantas dengan karakteristik dan konteks perusahaan Anda. Anda meraih mengidentifikasi kekuatan semua sumber daya yang dimiliki dengan perusahaan, baik itu koneksi, material, peralatan, mesin, keahlian, kompetensi, atau kreatifitas orang-orang yang berada di perusahaan.

Ada yang bersifat segera seperti pembayaran per negoisasi, lisensi, berlangganan, freemium, reklame, penjualan produk dll. Oleh produk/layanan bisa memiliki mekanisme yang berbeda dan dapat memiliki lebih dari 1 mekanisme. Dengan memahami elemen penting dari metode marketing model canvas, metode terkait patut dicoba karena bisa memberi pemahaman dan sistem bisnis yang baik serta efektif. Dengan demikian, pra pelaku usaha yang telah memiliki ide bisnis meraih merealisasikan ide-ide tersebut jadi jenis usaha baru yg dapat berkembang di penduduk. Di dalam BMC memiliki 9 elemen penting yg berguna untuk mengarahkan pra pebisnis dalam menentukan cara kerja perusahaan dan memeriksa jalannya bisnis atau cara apakah sudah sesuai oleh sistem atau tidak. Income stream menjelaskan bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan ketika marketing telah dieksekusi. Key actions adalah semua aktivitas yg berhubungan dengan produktivitas marketing yang berkaitan dengan suatu produk, di mana pekerjaan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.